JUICE THERAPY

JUICE THERAPY DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN

Sampai saat ini masih banyak penyebab berbagai penyakit yang belum kita mengerti. Banyak hal tetap masih seperti misteri yang menyelimuti dan kita tidak bisa melakukan apa apa. Secara khusus kita kadang tidak mengerti fungsi tubuh yang sesungguhnya, dan bagaimana tubuh sangat bergantung dengan apa yang dikonsumsi atau dimakan.Kembali lagi bahwa tanggung jawab kesehatan ini ada di pribadi kita masing masing.

Vegetable and Fruit juices
Vegetable and Fruit juices

Apa yang seharusnya bisa dilakukan utk mencegah penyakit? Menurut Dr Walker dalam bukunya “Fresh Vegetable and Fruit Juices “, dengan makan sayuran dan buah buahan tanpa dimasak atau hanya dengan pengolahan minimum, tubuh akan lebih sehat dan terlihat segar. Kesimpulannya bahwa kesehatan akan diperoleh jika tubuh dibersihkan dari racun-racun makanan yang sudah menumpuk dan diganti atau diisi kembali dengan makanan yang bergizi.

Sel-sel tubuh manusia setiap hari mengalami kerusakan atau menjadi aus, maka perlu diganti (regenerasi) sehingga tetap berfungsi dengan baik. Pergantian sel bisa terjadi dengan asupan makanan bergizi, sayuran dan juga buah buahan segar yang mengandung vitamin, mineral dan enzim. Jika kandungan ini berkurang, sel-sel tubuh akan mulai melemah dan regenerasi sel tidak maksimal.

Jika makanan dimasak dengan pemanasan dan suhu tertentu akan menghilangkan semua manfaat vitamin, mineral dan enzim dalam makanan tersebut. Diperlukan makanan yang diolah seminimum mungkin sehingga kita masih tetap mandapatkan manfaat vitamin mineral dan enzim dari makanan tersebut.

Dalam keadaan seperti inilah, peranan juice atau sari buah dan sayuran sangat diperlukan. Sari buah dan sayuran yang mentah atau diolah secara minimum akan cepat diserap oleh tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak serta membersihkan tubuh dari racun akibat penumpukan sisa makanan.

Mengapa harus meminum juicenya dan tidak memakan sayuran atau buah utuhnya? Beberapa keuntungan sari buah (juice) dan sayur juice daripada memakannnya langsung:

  1. Makanan yang keras membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diserap ke dalam sel serta jaringan tubuh, sedangkan jika dalam bentuk sarinya, bisa dicerna dan diserap hanya dalam hitungan menit tanpa membebani organ-organ pencernaan.
  2. Sari buah dan sayur dengan cepat memenuhi kebutuhan sel, sehingga pergantian sel yg baru terhadap sel yang rusak bisa terjadi dengan baik.
  3. Sari buah dan sayur bisa menolong orang yang mempunyai sistem pencernaan yang lemah dan juga orang tua yang sudah sulit utk mengunyah karena sari atau juice ini tidak memerlukan banyak kerja sistem pencernaan dan kerja gigi.
  4. Sari buah dan sayur akan cepat memenuhi atau menutupi kekurangan zat cair dalam tubuh dalam waktu yang cepat.
  5. Nilai vitamin, mineral dan enzim dari sari buah dan sayur sebenarnnya terdapat dalam sarinya bukan seratnnya (ampasnya).
  6. Dengan meminum sari buah dan sayur kita dapat memasukkan lebih banyak gizi ke dalam sel tubuh kita dari pada memakannnya dalam bentuk padat.

Terlepas dari semuannya, tubuh kita tetap memerlukan serat yang berfungsi sebagai sapu dalam usus kita, yaitu untuk membantu kita mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tidak dieperlukan tubuh lagi.

Resep juice dan smoothie yang sehat akan di post di blog .Semoga bermanfaat bagi kita semua

Bagaimana kiat memilih sari buah dan sayur serta apa manfaatnya bagi kesehatan akan kita bahas dalam diskusi blog kita .

Terima kasih

18 pemikiran pada “JUICE THERAPY

  1. Tulisan yang sangat bermanfaat sekali, Thank you and ditunggu informasi tentang buah dan sayur yg bermanfaat bagi kesehatan ….
    GBU!!

    1. Yes April, sudah di update dan akan di berikan resep jus terapi yang bisa bermanfaat utk kita semua di blogd ini,
      Salam sehat.

  2. Salam sehat Dokter Genti,

    Infonya menarik sekali dok, selama ini saya masih bingung sebetulnya bagus makan buah potong atau juice buah.
    Thanks, ditunggu artikel lainnya ya dok…
    GBU!

    1. HI anti, sama sama juga,
      Mudah mudahan nanti bisa segera akan muncul beberapa tabel daftar jus yang baik utk tubuh dan kesehatan kita jg ya,
      Salam sehat

  3. Hi dok salam kenal ya aku tertarik dgn artikel dr mengenai jus terapi dan udah seminggu ini sehari 2 kali minum jus2an pertanyaan saya labu kuning itu kalo dijus buat anak2 lbh baik lgs di jus atau dimasak terlebih dahulu baru di jus? terus benarkah biji2an adalah vitamin buat otak? thanks yah iya dok sekalian kalo bisa di add dong buat kombinasi jus buahnya atau jus sayur2an setahuku tdk semua jus bisa dikombinasi betul ga??

    1. Halo lisa, salam kenal.
      Senang mendengat Lisa sudah mulai menerapkan pola hidup sehat dengan juicing juga.
      silahkan bertanya juga nantinya dgn macam 2 resep utk jus ya.
      Ttg labu kuning bisa mentah ..dan kalo jg mau di masak, sebaiknya di steam/ kukus dan dlm waktu yg sangat singkat kemudian baru di jus sehingga vitamin dan enxyme betakaroten yg di dlm nya tidak hilang.
      Bijian bukan hanya baik utk otak saja tetapi jg sangat baik tk sumber protein nabati utk tubuh kita.
      Mengapa baik utk otak kita?? karena biiji bijian banyak mengandung Omega 3 dan sangat baik utk perkembangan otak kita.
      Contoh biji bijiian yang baik utk kita: almond, sunflower, pumpkin seed, flax seed( biji rami)
      ini semua bisa jg di dptkan di toko organik saya.silhakan kontak utk memesan nya kalo diperlukan
      Salam sehat,,,

  4. salam kenal dokter,
    banyak teman2 yang bilang kalo membuat juice harus yang low rpm sehingga enzymenya terjaga seperti matstone dan norwalk.

    apakah juicer yang umum tidak baik?

    bagaimana pendapat dokter dan jikalau juicer yang umum tidak baik, dimana bisa membeli juicer yang baik.

    Terimakasih dokter. Salam, Marco.

    1. Halo marco , salam kenal.
      Benar sekali pertanyaan Marco ya.
      Kt perlu investasikan uang utk mendaptkan alat jus yang baik sekaligus msh mendapat plg tidak 80 % enxyme yang terkandung di dlm jus tersebut.
      Mesin jus yang ada di pasaran tetap bisa di pergunakan tetapi presentasi living enzymenya kurang dari 50 % dan sayang karna terbuang .
      Bisa didptkan juice yang baik kualitasnya di saya.
      silahkan kontak saya per sms atau telp.
      Salam sehat,

      1. Yth dr Genti

        perkenalkan saya Lizzy 33th, sedang mencoba terapi juz untuk penyembuhan suspect tumor payudara kiri.

        mohon bantuannya segera rekomendasi juicer yang baik, tahan lama dan mudah dibersihkan. saya kesulitan menilai mana merek juicer yang baik.

        ditunggu sekali resep jus untuk terapi saya.

        terima kasih banyak.

        salam hangat,
        Lizzy-

      2. Halo Lizzy, salam kenal.
        senang dengan komitmen lizzy utk memulai juicing utk memerangi benjolan yang ada.
        yes memang tipe juicer sangat menentukan jumllah nutrisi yang di dapatkan dari juice nya itu sendiri,
        saya bisa rekomendasikan Green star juicer,
        dan pendapat saya pribadi bahwa alat ini memberikan enzyme yang sampai mendekati 80 % masih baik …dibanding juicer lain nya.
        Pls contact me atau contact hp yang ada di blog ini,
        Saya akan update resep juice yang ada, , tetapi yang paling penting adalah tingkatkan juicing wortel dan juga Barley young green grass, ini mengandung byk sekali klorofil dan sangat penting utk kebutuhan nutrisi sel kita,
        ok , salam sehat, lizzy dan cepat sembuh

  5. Hello dokter,
    salam kenal saya tertarik artikel2nya dari pak Bangun Harsoyo.
    saya Di Santa Monica udara panas begini sangat membantu sekali minum juice.
    Saya hampir setiap hari kita membuat jus.suatu hari stop bikin juice karena belum sempat ke market lalu timbul panas dalam/sariawan di mulut. Pertanyaan saya apa benar karena banyak acid ( dr buah tomat,jeruk) bisa penyebab sariawan? ( info dr di usa)
    sekarang suami jadi tdk mau minum juice,sedih deh.
    terima kasih

    1. Halo Liana, salam sehat juga.
      Terima kasih utk pertanyaan nya ya.
      Pertanyaan saya utk Liana, jus yang dibuat ini apakah jus sayur atau jus buah ya?
      Kalau jus sayur misalnya jus dari wortel dan celery, beet dsb, itu tidak akan menyebabkan sariawan saat di stop, tetapi memang pada saat kit membuat jus jus yang seperti ini kadang kadal timbul sariawan karena ada proses pembuangan racun dari tubuh kita dan bis amuncul dlm bentuk sariawan. dan ini bisa di cegah dgn byk minum air putih.
      Sedangkan kalau in jus buah, dan muncul sariawan..
      sebenarnya teori buah yang asam sehingga bermunculan sariawan ini kurang tepat.
      karena buah walaupun rasanya asam, tetapi sifat kimia nya buah itu sendiri dlm tubuh kita banyak bersifat basa ( alkaline).
      Seandainya muncul sariawan kemungkinan memang kurang minum, atau kalo sering sekali muncul cobalah pertimbangkan utk melakukan detox? fasting Jus 2-3 hari ke depan dan kt liat hasil nya.
      Mudah mudahan bisa membantu ya.
      Saran saya, perbyak juicing sayur nya, dan kurangi jus buah nya,,karna buah sebaikna di konsumsi dengan mengunyah ..pada saat buah kita juice kadar gula nya akan semakin banyak dan in perlu dihindari.
      Salam sehat.
      genti

  6. Dear Bu dr Genti,
    Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan. Boleh minta tolong pendapatnya.
    Saya punya penyakit maag, sebaiknya waktu yang tepat untuk minum juice bagi penderita maag sesudah makan/sebelum makan, dan berapa lama jarak waktu ke makan/sesudah makan?
    Juice apa yang paling tepat untuk penderita maag?
    Kebetulan saya juga ingin mengurangi berat badan, pola minum juice dan jenis juice yang baik yang seperti apa?
    Terimakasih atas bantuannya…

  7. salam kenal dok,
    kenalkan nama saya iis,
    begini dok, saya sangat tertarik dengan tulisan-tulisan dokter, dan saya ingin minta bantuan… kiranya dokter dapat memberikan terapinya,
    saya punya ibu dan mertua (perempuan), sudah setahun ini kondisi kesehatannya sangat menurun, ibu usia 56th dan mertua usia 71th,.. hasil dari analisa dokter bahwa ibu saya mengidap penyakit paru-paru dan mertua saya mengidap asam urat,.. pertanyaan yang ingin saya ajukan, apakah ada buah atau sayur dari terapi juice ini yang bisa kiranya mengatasi penyakit tersebut? terima kasih atas jawabannya.

  8. Selamat Siang Dr. Genti

    Selama ini saya sudah mencoba untuk teratur mengkonsumsi jus, tetapi kendala selama ini saya sering Panas Dalam & tenggorakan gatal (serik).olah raga teratur sudah saya lakukan,istirahat teratur juga sudah, untuk alat blender saya sudah menggunakan Juicerr.

    yang saya mau tanyakan bahan apa saja yg baik di konsumsi agar saya tidak mudah Panas Dalam & tenggorokan sering gatal, mohon berikan Solusi terbaik syarat & ketentuanNy…

    Terimakasih…

Tinggalkan Balasan

